Ajak Anak Berimajinasi Yuk!

1411433346920Alangkah senangnya bila orang tua atau pendidik menanyakan pada seorang anak, kalau bila tiba saatnya kamu dewasa nanti apa cita-cita mu? Spontan ada yang menjawab, saya ingin jadi pilot pesawat terbang, adapula yang menjawab ingin jadi polisi, mau jadi dokter dll.

Apa sih yang ada dibenak anak-anak yang memiliki sejuta impian dan cita-cita? Yang pasti adalah sebuah gambaran, bayangan yang telah tergambarkan oleh mereka saat mereka terpenuhi tujuan hidup atau cita-cita mereka. Dari mana mereka mendapatkan gambaran itu semua? Bahkan tak sedikit dari mereka menjawab sambil memperagakan, seperti apa mereka nanti bila cita-cita mereka itu tercapai..

Kejadian diatas adalah sebuah gambaran maya yang ada di pikiran mereka secara sadar, yang diolah oleh pikiran bawah sadar mereka seolah menjadi kenyataan. Gambaran tadi tak lain adalah sebuah imajinasi. Dari kata Image yaitu gambaran menjadi kata Imagine. Imajinasi dalam bahasa Indonesia adalah sebuah kekuatan daya pikir yang diciptakan secara mendasar sebagai kekuatan pikiran berdasarkan pengalaman atau kenyataan. Hal-hal pengalaman atau kenyataan inilah yang mereka ciptakan dalam pikiran mereka menjadi sebuah imajinasi, seolah-olah nanti kejadian yang mereka bayangkan terjadi pada diri mereka dan hebatnya, terjadilah apa yang mereka bayangkan.

Hal pengalaman ini mereka mendapatkan dari sebuah pengalaman mereka, seperti saat kecil mungkin sering diajak atau ikut melihat bagaimana salah satu orang tua mereka bekerja, melihat profesi orang-orang atau pekerja sukses secara langsung atau bisa jadi dari mereka membaca atau menonton sebuah autobiografi yang menjadikan inspirasi pada diri anak-anak sehingga berkembanglah gambaran tadi pada pikiran mereka.

Tak jarang kejadian-kejadian pikiran seorang anak sangat kuat dalam meraih sebuah impian menjadi kenyataan, seorang anak menjadi juara kelas, seorang anak menjadi pemimpin upacara, seorang anak dipilih untuk mewakili sekolahnya untuk pertukaran pelajar dan lain-lain. Disekolah anak kita pada kesehariannya mereka ikut dalam sebuah kurikulum study tour atau semacam field trip yang tak lain mereka diajak kesebuah pengalaman yang secara nyata untuk mereka bayangkan, lihat, dan rasakan seolah-olah mereka ikut mengalaminya.

Kekuatan imajinasi yang kita didik dan terarah pada anak-anak kita sangatlah menginsiprasikan mereka untuk tumbuh menjadi manusia yang kuat, mandiri dan belajar meraih sebuah impian dengan ketekunan dalam menempuh jalan hidupnya. Dengan memperlihatkan pada mereka sebuah kehidupan masa depan yang akan dicapainya akan menambah warna dalam kehidupan mereka dalam proses pembelajaran dalam pendidikan sekolah maupun dirumah.

Ajaklah sesekali anak-anak untuk meraih sebuah impian imajinasi mereka kesebuah pengalaman-pengalaman baru mereka. Seperti outbond, field trip atau ajaklah anak-anak secara sederhana dengan cara mendongeng atau menceritakan kisah-kisah inspirasi sebuah perjalanan menuju sebuah cita-cita sebelum memasuki waktu tidur malam mereka. Proses pembelajaran seperti inilah memicu keinginan seorang anak ingin lebih tahu lagi tentang imajinasinya dan tercapailah cita-cita mereka.

Yuk, ajak anak kita berimajinasi!

Source : Kesekolah.com

By : Admin /October 18, 2013 /Article, Information /0 Comment

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




  • Palma One Building Lt 4
    Jl. H.R. Rasuna Said Kav X-2 No.4
    Jakarta 12950