Italia, Bukan Hanya Pizza dan Pasta

School Visit : Istituto Italiano di Cultura Jakarta

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata Pizza?

pizza

Pizza, salah satu makanan terkenal di dunia asli Italia yang digandrungi oleh anak muda Indonesia

Yup, betul sekali. Italia! Selain Pizza, kita juga mengenal berbagai makanan lezat hingga olahraga populer yang berasal dari negara Spaghetti itu. Selain itu, tahukah kamu jika salah satu kebudayaan unik yang dimiliki negara mode ini adalah budaya minum kopi? Intensitas orang Italia dalam meminum kopi dalam sehari bisa empat hingga lima kali. Yakni pagi, sebelum makan siang, setelah makan siang, sore hari, setelah makan malam, dan bahkan sebelum tidur. Tidak heran jika ajakan minum kopi disana juga berarti ajakan untuk “Hang Out” atau cara bersosialisasi dalam masyarakat Italia.

10505457_992820697413843_8732559580712047172_n

Mrs. Michela Magrì menyambut para siswa IISS dan IIHS

Informasi menarik di atas merupakan pengetahuan tambahan yang diberikan oleh pusat kebudayaan dan pendidikan Italia di Indonesia saat School Visit ke Istituto Italiano di Cultura Jakarta, Selasa, 3 Februari 2015, lalu. Para siswa-siswi IISS dan IIHS sangat beruntung dapat mendengar langsung informasi tersebut dari Direktur Istituto Italiano di Cultura Jakarta, Mrs. Michela Magrì.

10388582_992807577415155_3384656810043163435_n

Antusiasme para siswa siswi mendengar penjelasan mengenai budaya hingga pendidikan di Italia

Sebelumnya, sambutan hangat dari perwakilan IIC, Bapak Erlip, memberi semangat kepada para siswa yang sangat antusias menerima berbagai ilmu baru terkait negara Italia. Acara dimulai dengan pemutaran film tentang kebudayaan di Italia. Setelah itu barulah Mrs. Michela Magrì, Direktur Istituto Italiano di Cultura Jakarta menyampaikan rasa antusias dan bahagianya bisa bertemu dengan siswa/siswi IIEC. Pada kesempatan tersebut, beliau ingin para siswa IISS dan IIHS mengetahui lebih banyak berbagai kebudayaan dan kekayaan Italia lainnya termasuk tentang  beasiwa dan sistem pendidikan disana. Ia merokemendasi para siswa untuk membuka link http://www.universitaly.it untuk informasi terkini mengenai universitas yang terdapat di Italia.

Setelah sambutan dari direktur IIEC, giliran Mr. Erlip yang menyampaikan penjelasan tentang system pendidikan dan beasiswa di Italia. Beasiswa yang dimaksud ada dua jenis yakni beasiswa untuk S1, S2, dan S3, beasiswa master (berbeda dengan magister), serta beasiswa bahasa Italia. Pada dasarnya, sebelum mengajukan beasiswa apapun dan sebelum melakukan pendaftaran, mahasiswa baru diwajibkan untuk mempelajari bahasa Italia terlebih dahulu di IIC untuk memperoleh sertifikat. Kemudian, Mr. Erlip menjelaskan kepada siswa-siswi IIHS dan IISS tata cara mendaftar maupun mencari informasi di website http://www.universitaly.it.

Selain informasi mengenai beasiswa dan pendidikan disana, dalam sesi tanya jawab, para siswa-siswi juga antusias mengenai pariwisata dan kehidupan sosial muslim di Italia. Tanya jawab berlangsung seru dan tak sedikit mengundang gelak tawa karena interaksi para siswa yang sangat ingin tahu.

Sebelum pamit, acara school visit ditutup dengan acara ramah tamah, kunjungan ke kelas bahasa Italia dan perpusatakaan. Tidak lupa foto bersama Mrs. Michela Magrì. Semoga school visit kali ini membawa banyak cerita dan ilmu yang bisa menjadi bekal para siswa IIEC untuk lebih banyak menguak lagi berbagai ilmu dari negara Italia khususnya dan negara lain di bumi Allah SWT ini pada umumnya. Semoga dengan school visit ini, tali silaturahmi antara IIC dan IIEC dapat terjaga dan terus berlanjut. Amin.

Ini dia beberapa foto yang diambil sebelum perpulangan ke sekolah. Check This Out!

IMG_6867

Foto bersama siswi IIHS, muadib dan Mrs. Michela Magrì

IMG_6863

Para siswa-siswi SMP IISS bersama Mrs. Michela Magrì sebelum pulang ke sekolah

IMG_6872

Foto bersama Mrs. Michela Magrì dengan para siswa IIHS

 

 

By : Admin /February 10, 2015 /Article, Blog, Event, Information /0 Comment

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Warning: fsockopen() [function.fsockopen]: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/sloki/user/iiecacid/sites/iiec-edu.com/www/wp-content/plugins/sweetcaptcha-revolutionary-free-captcha-service/library/sweetcaptcha.php on line 71

Warning: fsockopen() [function.fsockopen]: unable to connect to www.sweetcaptcha.com:80 (php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known) in /home/sloki/user/iiecacid/sites/iiec-edu.com/www/wp-content/plugins/sweetcaptcha-revolutionary-free-captcha-service/library/sweetcaptcha.php on line 71
Couldn't connect to server: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known (0)