Hebohnya Belajar Bahasa Jerman di Goethe Institute

Bagi-bagi hadiah hingga menari bersama

7Belajar tidak hanya terjadi di dalam kelas namun dimana saja. Apalagi belajar soal bahasa yang memegang peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat dewasa ini. SMA IIHS (International Islamic High School) yang memasukkan bahasa menjadi salah satu kurikulum mengutamakan pendidikan bahasa Inggris dan Arab sebagai bekal para siswanya. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi para siswa yang juga turut mempelajari bahasa lain.

Salah satu media belajar bahasa sebuah negara adalah mengenal budaya negara tersebut. Untuk itulah, IIEC (International Islamic Education Council) sebagai yayasan yang menaungi SMA IIHS rutin mengajak para siswa untuk melakukan kunjungan ke pusat kebudayaan atau kedutaan besar negara lain demi untuk mempelajari langsung bahasa serta budayanya. Rabu, 6 Mei 2015, para siswa kelas 11 SMA IIHS berkesempatan untuk mengunjungi Goethe Institute yang berlokasi di Jl. Sam Ratulangi-Menteng.

14Antusiasme dari para siswa tidak bisa dibendung tatkala para Frau (panggilan pengajar di Goethe) menjelaskan mengenai Goethe khususnya dan Jerman pada umumnya. Para siswa banyak yang mengajukan pertanyaan seputar Goethe dan kehidupan di Jerman jika mereka ingin melanjutkan kuliah di negeri tersebut.

Tak hanya itu, para Frau dan pejabat Pusat Kebudayaan Jerman itu pun menyuguhkan berbagai agenda yang dijalani dari pkl 09.00-12.00 WIB dengan berbagai permainan, pengenalan bahasa, pemutaran film, dan kunjungan ke berbagai tempat di Goethe Jakarta. Tempat-tempat seperti perpustakaan dengan atmosfir Jerman, taman yang nyaman, ruang kelas dengan smart board, dan gedung pertunjukkan berstandar international membuat para siswa betah berlama-lama disana.

Demi memudahkan pengenalan, para siswa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan warna gelang karet yang dibagikan setibanya mereka di Goethe Institute. Demi memanjakan para siswa, para Frau juga memberikan para siswa banyak hadiah menarik di setiap sesi kunjungan bagi siapa saja yang memperhatikan para Frau ketika menjelaskan setiap tempat.

Paparan yang sangat komunikatif dari para Frau turut membuat antusiasme para siswa IIHS untuk belajar bahasa Jerman semakin meningkat. Mereka menjelaskan semua yang ada di Goethe dengan dua bahasa demi mengenalkan bahasa Jerman yang sebenarnya mudah dan menyenangkan. “Seru banget. Jadi ingin lebih mengenal dan mempelajari bahasa Jerman lebih dalam,” ujar Dilla, salah satu siswa IIHS.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan tanya jawab di ruang pertunjukkan dan pembagian berbagai hadiah yang membuat para siswa IIHS sangat gembira. Apalagi saat mereka diajak berjoget dengan lagu berbahasa Jerman, seperti mencairkan suasana yang sempat tegang karena serunya kuis yang berlangsung. Tak lupa foto bersama dengan Ibu Carola Ganskopf sebagai Koordinator Proyek Sekolah Goethe Institute.

16

13 12 11 10 9 8 5 4 3 2 15 1

By : Admin /May 06, 2015 /Event, Information, News /0 Comment

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




  • Palma One Building Lt 4
    Jl. H.R. Rasuna Said Kav X-2 No.4
    Jakarta 12950