Menikmati Suasana Salat Idul Adha 1436H di San Diego – OVERSEAS PROGRAM 2015

Hikmad ber Idul Adha di negeri Paman Sam 1443296399008

Pada tanggal 24 September 2015 merupakan Hari Raya Idul Adha 1436 di Amerika Serikat. Para siswa IISS, IIHS dan IIBS tak ketinggalan melaksanakan shalat Idul Fitri di Convention Centre, di daerah Down Town San Diego. Acara salat Idul Adha dilaksanakan di assembly hall 06.

Kami bersiap-siap sejak pagi hari, pukul 06.00 waktu setempat rombongan menuju pool bus UTC untuk naik bus MST 150 jurusan Down Town, 41 jurusan Fashion Valley atau 30 Express jurusan Down Town lalu perjalanan akan dilanjutkan dengan naik trolley sampai ke tempat tujuan. Meskipun tanpa acara pemotongan hewan kurban, lezatnya rendang, acara bakar sate dan kehadiran keluarga besar seperti tradisi di Indonesia tapi para siswa tetaplah bersemangat untuk melaksanakan salat Idul Adha bersama- sama.

Di dalam kereta kami menemukan cukup banyak juga orang-orang yang memakai baju putih dengan niat sama, melaksanakan salat Iedul Adha. Sebagian besar mereka berasal dari Arab Saudi, Mesir, dan beberapa warga negara Afrika seperti Somalia dan Nigeria. Kebanyakan mereka adalah para pendatang dan imigran dengan berbagai tujuan seperti belajar, bekerja atau mencari suaka politik.

1443296408831

Salat Idul Adha dilaksanakan dalam beberapa kloter. Satu rombongan selesai, lalu dilanjutkan kutbah hari raya lalu dilaksanakan ulang untuk jamaah yang berbeda. Tak seperti di Indonesia dimana salat dilaksanakan dini hari saat matahari baru saja terbit kalau di Amerika sampai jam 10.00 pagi pun masih ada jamaah yang melaksanakan salat. Di Amerika, Idul Adha lebih dinanti-nantikan oleh umat Islam. Berbeda dengan di Indonesia yang lebih memeriahkan Idul Fitri.

Mungkin ini pengaruh Arab Saudi. Pada salat Idul Adha, para muslimat memakai baju terbaik, berdandan cantik dan datang bersama keluarga. Mereka membawa permen dan cokelat untuk dibagikan pada jemaah lainnya. Mereka saling menyapa akrab meskipun tak saling mengenal, barbagi salam dan saling berpelukan.

Kutbah hari itu tentang perlunya umat Islam bersatu untuk mengatasi diskriminasi perlakuan terhadap umat Islam di Amerika Serikat yang dianggap bisa menerima semua keyakinan dan golongan berdasar konstitusinya.

Kami juga bertemu beberapa orang Indonesia yang tinggal di Amerika baik yang masih WNI atau mereka yang sudah menjadi warga negara Amerika. Banyak yang tertarik mengetahui negara Indonesia saat melihat para siswa berkelompok dalam seragam putih bersih membagikan browser acara tari Indonesia Culture Festival 2015 yang akan dilaksanakan dua kali di Simphony Hall dan Mandeville UCSD.

1443296404728

Tentulah bangga melihat siswa-siswi kita menjadi duta bangsa dan agama kita. Inilah salah satu tujuan overseas program yang dicita-citakan oleh IIEC dan DR. Emil Abbas selaku founding father IIEC.

Semoga sampai kalian besar dan menjadi orang hebat, tetaplah menjadi duta yang baik bagi agama Islam dan negara Indonesia yang kita cintai ini. aaamiin.

Written by Shita Rahmawati
From San Diego, September 26th, 2015

By : Admin /September 28, 2015 /Event, Information /0 Comment

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




  • Palma One Building Lt 4
    Jl. H.R. Rasuna Said Kav X-2 No.4
    Jakarta 12950