Transportasi Aman dan Nyaman di San Diego – OVERSEAS PROGRAM 2015

Nyaman berkendara saat di UCSD

IMG-20150913-WA0001San Diego merupakan salah satu kota di bawah negara bagian California. San Diego merupakan kota yang cantik. Jalan-jalannya lebar, bersih dengan jumlah mobil yang tak terlalu banyak. Di dukung dengan cuaca yang cerah karena sedang musim panas, menambah keindahan kota. Meski terik, udara tetap sejuk sehingga kita tidak terlalu berkeringat.  Tidak heran jika orang asing jika di foto tetap terlihat keren meskipun terik. Itu karena udaranya sejuk.

San Diego memiliki banyak tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi serta tempat-tempat wisata alam yang menyejukkan pandangan mata. Kali ini saya akan mengulas tentang sistem transportasi umum di San Diego.

Penduduk San Diego banyak yang menggunakan transportasi umum ke tempat kerja, selain ada bus sekolah dengan  warna kuning yang khas itu. Kemanapun Anda berkendara dengan bus, sangatlah nyaman. Hal ini didukung dengan jalan-jalan yang lebar, jumlah mobil sedikit, dan jumlah penduduk yang juga tidak padat.

Bus penumpang di sini disebut MTS (Metropolitan Transit System). Seperti Trans Jakarta namun dalam ukuran yang jauh lebih besar, lebih gagah, lebih nyaman dan bersih gas pembuangannya. Bus keluaran Volvo ini memiliki dua gerbong yang digandeng dan menggunakan bahan bakar gas sehingga tak tercipta polusi sedikitpun. Udara di pinggir jalan raya bersih tidak dipenuhi asap hitam beracun karbon monoksida akibat knalpot bocor. Bus juga berjalan tenang, supir jarang sekali mengeluarkan suara klakson, bahkan nyaris tak pernah. Ruangan bus besar, bersih dengan tempat duduk besar-besar dan menggunakan AC yang membuat perjalanan tambah menyenangkan.

IMG-20150913-WA0000

Tiap bus memiliki tempat pemberhentian sendiri seperti nomor tujuan dengan jadwal kedatangan yang sudah pasti. Ada nomor hotline yang bisa dihubungi untuk menanyakan kapan kedatangan bus selanjutnya atau bisa memantau via wifi. Seperti kami yang setiap hari berangkat dari Hotel Embassy Suite di La Jolla Village menuju Gilman Drive tempat kampus UCSD (University of California San Diego), kami selalu menggunakan bus no 202 atau 201 menuju kampus. Kami menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit saja. Para supir juga sangat disiplin dan taat peraturan. Jangan harap bus mau berhenti sembarangan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Tarif bus sekitar $2,4 untuk sekali jalan bagi yang tidak memiliki kartu pass. Namun disediakan kartu langganan yang dikelola oleh Compass, provider transportasi umum yang bekerja sama dengan bank untuk membuat tiket langganan. Tarif tiket untuk orang dewasa dan anak-anak dibedakan. Untuk orang dewasa $72 per bulan. Tiket ini sudah terintegrasi dengan kereta commuter dan kereta sejenis trem yang dapat digunakan untuk naik ketiga jenis kendaraan umum tersebut sepuasnya. Nyaman dan praktis bukan? Jika kartu hilang Anda dapat menghubungi pihak yang berwenang dan kartu akan diganti tanpa perlu membayar lagi. Selain itu, dengan memiliki satu kartu ini kita bisa ke wilayah manapun di San Diego. Sangat bermanfaat dan hemat.

Berikut adalah tips aman dan nyaman saat berkendara menggunakan angkutan umum di San Diego. Penting bagi kita yang memiliki rencana untuk bepergian ke luar negeri khususnya San Diego.

1. Menunggu bus di tempat yang sudah disediakan. Setiap bus jurusan yang berbeda akan memiliki nomor yang berbeda dan berhenti di tempat yang sudah ditentukan pada jam tertentu. Maka perhatikan tanda-tanda pada pool bus sebelum menaiki bus.

2. Mengantrilah. Biarkan yang datang lebih dulu untuk masuk terlebih dahulu. Jika ada penduduk setempat biarlah mereka masuk terlebih dahulu. Jangan menyerobot karena itu tidak sopan.

3. Rata-rata supir bus MST ramah-ramah. Sapalah mereka dengan “Good Morning” dan berilah senyuman saat menempelkan kartu pass di dekat tempat duduk supir.

4. Jangan duduk di kursi bertanda “disable” dan “elderly”, apalagi saat penuh. Itu tabu.

5. Jangan berisik, makan, minum atau angkat kaki ke kursi meskipun kosong. Tetaplah sopan. Duduklah jika ada tempat duduk, jangan berdiri. Buat mereka, itu membahayakan keselamatan diri.

6. Jangan berdiri di depan pintu masuk dan keluar karena bus secara otomatis tidak mau menutup.

7. Jangan membuang sampah, menempelkan bekas permen karet. Bus dilengkapi CCTV maka jagalah perilaku saat di dalam bus.

8. Jika ingin berhenti, tariklah tali kuning di jendela, maka tanda stop requested akan menyala. Tarik sekali saja dan ketika sudah mendekati tujuan.

9. Disarankan mengucapkan “Thank you” kepada supir sebelum turun karena ia telah melayani kita dengan baik.

 

Sabtu, 12 September 2015

By : Admin /September 13, 2015 /Information, News /0 Comment

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




  • Palma One Building Lt 4
    Jl. H.R. Rasuna Said Kav X-2 No.4
    Jakarta 12950