IIEC Menggelar Shalat Khusuf Berjamaah

Tanggal 9 Maret 2016 adalah peristiwa bersejarah bagi umat Muslim. Khususnya warga negara Indonesia. Karena hanya negara Indonesia-lah yang dilewati oleh Gerhana Matahari Total (GMT) di 11 provinsi.

Shalat gerhana (Shalat Khusuf) adalah shalat sunnah muakkadah yang ditetapkan dalam syariat Islam sebagaimana para ulama telah menyepakatinya. Allah SWT telah berfirman :

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Dan dari sebagian tanda-tanda-Nya adalah adanya malam dan siang serta adanya matahari dan bulan. Janganla kamu sujud kepada matahari atau bulan tetapi sujudlah kepada Allah Yang Menciptakan keduanya. (QS. Fushshilat : 37)

Maksud dari perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Yang Menciptakan matahari dan bulan adalah perintah untuk mengerjakan shalat gerhana matahari dan gerhana bulan.

Selain itu juga Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya. Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah shalat dan berdoalah hingga selesai fenomena itu. (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Selain itu juga ada hadits lainnya :

لَمَّا كَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُول اللَّهِ  نُودِيَ : إِنَّ الصَّلاَةَ جَامِعَةٌ

Ketika matahari mengalami gerhana di zaman Rasulullah SAW, orang-orang dipanggil shalat dengan lafaz : As-shalatu jamiah”. (HR. Bukhari).

Shalat gerhana disyariatkan kepada siapa saja, baik dalam keadaan muqim di negerinya atau dalam keadaan safar, baik untuk laki-laki atau untuk perempuan. Atau diperintahkan kepada orang-orang yang wajib melakukan shalat Jumat.

Namun meski demikian, kedudukan shalat ini tidak sampai kepada derajat wajib, sebab dalam hadits lain disebutkan bahwa tidak ada kewajiban selain shalat 5 waktu semata. Dalam rangka menjalankan sunnah Rasulullah, seluruh siswa siswi SMP IISS – SMA IIHS serta jajaran principal, guru dan staff melakukan Salat Kusuf kemarin. Tepat pukul 06.30, salat Kusuf dilaksanakan dengan diawali dengan dzikir dan istighfar. Sholat Kusuf kali ini dipimpin oleh Dr. Syahril Mukhtar, Lc., MA., MPPSI IIEC yang juga bertindak sebagai pengkhotbah pada Shalat Gerhana Matahari 9 maret 2016 ini.

Berikut foto liputan Shalat Gerhana Matahari Total yang tim publikasi Socmed dapatkan.

IMG_2468 IMG_2456 IMG_2453 IMG_2446 IMG_2431IMG_2581

IMG_2596

IMG_2565

IMG_2459

IMG_2497

IMG_2513

IMG_2533

IMG_2553

By : Admin /March 10, 2016 /Event, Information /0 Comment

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




  • Palma One Building Lt 4
    Jl. H.R. Rasuna Said Kav X-2 No.4
    Jakarta 12950