Tips Agar Kelas Selalu Kompak

kelas kompak

Kompak dengan diri sendiri

Jika kamu ingin lingkungan sekitar kamu kompak, maka wajib hukumnya kamu kompak dengan diri kamu sendiri dulu, maksudnya adalah antara Lisan/ucapan selaras dengan suara hati kamu, seringkali kita tidak bisa kompak antara apa yang kita ucapkan dengan apa yang diinginkan oleh hati tidak sama. Padahal jika kedua hal tersebut sudah selaras maka akan terbentuk sebuah komitmen yg kuat, prinsip diri yang kokoh serta tumbuh rasa disiplin diri yang akhirnya self control kita terbentuk dengan baik pula.

Pahami & terima kelabihan diri serta orang lain

Kalau pemahaman kita terhadap diri kita baik, akan terbentuk sikap penerimaan terhadap kelemahan & kelebihan diri kita masing-masing, terlebih adanya kemauan serta dorongan pemahaman yang baik pula akan kelemahan dan kelebihan orang lain, sehingga pada saat kamu di kelas melihat ada teman yang memunculkan kelemahannya misalkan seperti sikap mau menang sendiri, tidak mau diajak kerjasama dsb, maka kamu tidak memposisikan diri sebagai teman yg memusuhi atau menjauhi dia karena sikapnya tadi, tapi justru kamu akan memahami bahwa itulah sifat karakter diri teman kamu, yang mungkin di lain hal teman kamu tersebut mempunyai kelebihan, misal pada saat salah satu teman kamu membutuhkan orang yang tegas, dia hadir sebagai sosok pelindung bagi kelasmu. Tutupi kelemahan kalian sendiri dengan kelebihan yang kalian punya. Jangan malah bersahabat dengan kelemahan, tapi bersahabatlah dengan kelebihan yang kamu punyai.

Berteman dengan siapa saja

Sebagai individu yang berkualitas dalam interaksi sosial, maka sebaiknya kita menjadi sosok yang menyenangkan bagi orang lain, tidak membeda bedakan teman, bersikap baik serta welcome terhadap siapapun tanpa memandang Suku, ras, agama, warna kulit dsb, camkan dalam otak kita bahwa semuanya sama dimata Allah, semuanya teman kita dikelas tersebut adalah saudara kita. Hindari berteman hanya karena merasa senasib sepenanggungan misal hanya mau berteman dengan beberapa siswa di kelas yang sama-sama kaya, yang tidak kaya tidak layak dijadikan teman dsb, tentu itu tidak benar bukan, jadi bertemanlah dengan siapa saja, tunjukkan bahwa mereka bagian dari hidup kita, mereka ada karena kita ada dan mereka begitu penting bagi hidup kita.

Pemaaf dan Penolong

Janganlah sekali-kali kita mempunyai perasaan dendam, Allah saja Maha Pemaaf, apalagi kita sebagi ummatNya, tentu harus sudah terbiasa dengan memaafkan segala kesalahan teman kita di kelas dan tidak menjadikan sebuah masalah berlarut-larut, segeralah minta maaf jika merasa bersalah atau mengecewakan teman kita di kelas, dan segeralah maafkan teman kita yang bersalah kepada kita walau teman kita tersebut tidak bersegera minta maaf kepada kita, karena di mata Allah hal itu baik. Serta mudahkan tangan, sikap, perilaku dalam menolong teman kita baik berupa materi maupun non materi, bantulah mereka selayaknya membantu diri kita sendiri yang sedang membutuhkan bantuan orang lain, niatkan hati tulus ikhlas membantu karena mengharap Ridlo Allah bukan membantu karena pamrih, atau ingin diakui.

Saling mendukung

Ibarat sebuah keluarga, semua yg ada di kelas adalah merupakan sebuah keluarga besar, baik buruknya kelas adalah merupakan resiko yang harus ditanggung bersama pula, jangan ada saling menyalahkan, mencari kambing hitam dsb, tapi saling mendukunglah dalam hal positif, jalin kerjasama yang baik dengan mengesampingkan Ego dan keinginan kita jika hal itu demi kepentingan bersama dengan tidak memaksakan sebuah kehendak pribadi. Berikan reward kecil jika salah satu teman kita mendapatkan sebuah prestasi, bukan malah iri lalu menjatuhkan teman di depan forum kelas dsb. Bantu mengangkat motivasi teman yang terlihat kendor, bujuk dan rayu mereka dengan caramu masing-masing agar mereka kembali tumbuh motivasi semangat untuk belajar atau untuk hal hal lainnya.

Musyawarah Mufakat

Negara kita terkenal dengan budaya Musyawarah Mufakat, maka biasakan dalam segala halnya yang berhubungan dengan kepentingan bersama di kelas, lakukan & putuskan lewat musyawarah. Segera bahas permasalahan yang terjadi dengan pola yang baik, bahasa yang santun, penuh keakraban tanpa merasa mengadili salah satu pihak, temukan suara bulat itu demi kebaikan kelas. Kaji baik-baik positif negatifnya jika sudah ditemukan jalan keluar sebuah permasalahan di kelas, manfaatkan jasa ketua kelas dalam memimpin musyawarah atau menggunakan salah satu teman yang dianggap mempunyai kebijakan yang baik dan dapat diterima semua anggota kelas.

Lakukan banyak hal bersama

Biasakan dan bentuk kegiatan-kegiatan secara bersama-sama, munculkan kreatif diri kalian dalam menciptkan sebuah kegiatan yang melibatkan kelompok kelas sehingga mereka akan terlatih untuk melakukan hal bersama-sama dan kekompakan perlahan akan terjalin. Misal mengerjakan tugas bersama-sama sepulang sekolah atau janjian di salah satu rumah teman kamu, bisa juga akhir pekan dengan mengunjungi sebuah tempat wisata,mengadakan bakti sosial bersama-sama, mengunjungi teman yang sakit bersam-sama, membuat yel-yel kelas, membuat kaos/jaket kelas, libatkan wali kelas dalam kegiatan positif di kelas kamu, jalin sebuah hubungan yang erat dan profesional.

Mari mulailah dari diri kita sendiri dulu, awali kegiatan sehari-hari di kelas mu dengan optimisme tinggi, misal lihat mata pelajaran apa yang mereka kurang mengerti, kamu ajari mereka pelan-pelan dan mudah untuk di mengerti, bantu mereka sebatas hal-hal yang wajar dengan begini mereka merasa tenang & senang mempunyai teman seperti kamu, dari sini kamu baru menemukan kelemahan mereka dan tau cara berkomunikasi yang baik dengan mereka sehingga kamu dapat membimbing mereka menjadi orang-orang yang kompak. Kalau muncul ide cemerlang, buat sebuah acara yang Gokil dan seru, supaya mereka antusias mengikuti dan terlibat di dalamnya, misal buat lomba kecil-kecilan di kelasmu dengan hadiah sebuah traktiran, pasti deh akan terjalin kekompakan tersebut.

Selamat mencoba deh, semoga setelah ini kelas kamu menjadi lebih baik dan tentu menjadi lebih kompak, sehingga semangat dan motivasi belajarnya kembali tumbuh, alhasil nilai hasil belajar kalian bisa lebih baik daripada sebelumnya, dan yang terpenting tidak lagi dipanggil ke ruang BK bukan he he he…, walau pada dasarnya BK tidak hanya menjadi tempat siswa bermasalah, namun BK adalah tempat bagi semua siswa dengan latar belakang apa saja, karena BK adalah sahabat siswa Kuncinya hanya satu “ Do Something, mulailah dari diri kamu sendiri” semoga bermanfaat !!

By : Admin /February 28, 2017 /Blog /0 Comment

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Warning: fsockopen() [function.fsockopen]: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/sloki/user/iiecacid/sites/iiec-edu.com/www/wp-content/plugins/sweetcaptcha-revolutionary-free-captcha-service/library/sweetcaptcha.php on line 71

Warning: fsockopen() [function.fsockopen]: unable to connect to www.sweetcaptcha.com:80 (php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known) in /home/sloki/user/iiecacid/sites/iiec-edu.com/www/wp-content/plugins/sweetcaptcha-revolutionary-free-captcha-service/library/sweetcaptcha.php on line 71
Couldn't connect to server: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known (0)